4 Bagian Penting Polis Asuransi yang Wajib diketahui Nasabah


Buku polis asuransi yang sangat tebal membuat nasabah menjadi malas untuk mempelajari isinya dengan cermat. Padahal buku ini sangat penting sebagai dasar untuk mengajukan klaim. Fungsi yang sangat penting lainnya adalah berisi aturan mengenai hak dan kewajiban antara perusahaan asuransi dan nasabah.

Bagian Penting Polis Asuransi yang Wajib diketahui

Pada dasarnya isi dari polis asuransi ini meliputi hal yang ditanggung ataupun tidak ditanggung oleh perusahaan. Semua diterangkan secara detaill agar tidak terjadi kesalah pahaman di kemudian hari. Selain itu biasanya juga tercantum fasilitas tambahan, periode asuransi, potongan biaya dan lain-lain.

Berikut adalah hal penting yang wajib diketahui oleh nasabah tentang polis asuransi:

  • Free-Look Provision

Hal paling penting untuk untuk diketahui oleh nasabah yang pertama adalah ketentuan free-look provision. Nasabah dapat mempelajari dan mempertimbangkan isi polis yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi. Sehingga dapat melakukan komplain apabila ada yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

  • Grace Period Provision

Selanjutnya adalah ketentuan grace period provision, artinya masa tenggang nasabah membayar premi yang lamanya 30 hari setelah jatuh tempo. Jika setelah masa grace period berakhir belum juga membayar, maka seluruh biaya asuransi akan dipotong dari nilai tunai yang terbentuk.

  • Reinstatement Provision

Apabila karena beberapa hal harus berhenti membayar asuransi, akibatnya adalah polis asuransi menjadi tidak aktif lagi. Bagian ini akan menerangkan kondisi yang wajib dipenuhi agar polis dapat diteruskan dan manfaatnya didapatkan kembali.

  • Misstatement Of Age Or Sex Provision

Di bagian ini berisi aturan mengenai penyesuaian kembali manfaat polis yang dilakukan oleh perusahaan jika informasi pemegang polis ternyata salah. Terutama dalam mengisi usia atau jenis kelamin tertanggung ketika mengisi Surat Pengajuan Asuransi Jiwa (SPAJ). 

Hal ini cukup penting sebagai penentu besaran manfaat dan biaya asuransi yang harus dibayarkan. Biasanya semakin lanjut usia, premi yang harus dibayarkan akan semakin besar. Akibatnya, jika terjadi kekeliruan baik sengaja atau tidak dapat disesuaikan kembali dengan berbagai tindakan terbaik.

Demikianlah beberapa ketentuan yang wajib dibaca dengan cermat oleh pemegang polis asuransi. Sehingga mengetahui dengan benar isinya, dan tidak terjadi kesalahpahaman ketika ingin mengajukan klaim di kemudian hari.

Belum ada Komentar untuk "4 Bagian Penting Polis Asuransi yang Wajib diketahui Nasabah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel